Kemarau, Harga Beras Mulai Naik di Lampung

Kemarau, Harga Beras Mulai Naik di Lampung
Kemarau, Harga Beras Mulai Naik di Lampung. Musim kemarau dan pascapanen mengakibatkan harga beras di pasar tradisional dalam Kota Bandar Lampung mulai mengalami kenaikan. Beras berbagai kualitas dan kemasan terjadi kenaikan dalam kisaran dua sampai lima persen, sejak beberapa hari terakhir
Pasar Pasir Gintung dan Pasar Induk Tamin, Jumat (10/8), harga beras mulai naik semua jenis dan kualitas beras baik beras curah maupun kemasan. Kenaikannya berkisar Rp 200 hingga Rp 500 per kilogram (kg).

Melonjaknya harga dipicu karena pascapanen raya dan juga musim kemarau, sehingga stok gabah di tingkat penggilingan mulai merosot. “Ya benar sekarang harga beras lagi naik, karena kemarau dan petani tidak panen lagi,” kata Hanan, pemilik toko beras dan bahan pokok di Pasar Pasir Gintung, Bandar Lampung.

Ia mulai menaikkan harga beras berbagai jenis dan kualitas serta kemasan, setelah memasok beras dari agen beras di sentra produksi beras di Lampung yakni Trimurjo, Lampung Tengah dan Talang Padang (Tanggamus), Gading Rejo (Pringsewu).

Menurutnya, meski ada kenaikan berkisar Rp 200 hingga Rp 500 per kg namun harga beras masih terbilang normal, karena sebelumnya harga beras mengalami penurunan yang tajam setelah petani panen raya.

Usman, pemilik toko beras dan sembako di Pasar Induk Tamin menyatakan, harga beras mulai naik sejak tiga hari terakhir. Kenaikan karena memasuki musim kemarau, sehingga stok gabah mulai berkurang dan harga juga mulai naik.

“Sudah seperti biasa kalau kemarau dan panen berhenti harga beras mulai naik lagi, karena harga gabah naik stoknya pun berkurang,” ucapnya.

Ia memprediksi harga beras akan mengalami kenaikan lagi beberapa pekanmendatang, karena musim kemarau diperkirakan akan berlangsung lama, dan petani belum memasuki musim tanam.

Provinsi Lampung masuk kelompok Jawa dan Sumsel terkait Harga Eceran Tertinggi (HET) beras berdasarkan Kemendag Rp 9.450 per kg. Saat ini, harga beras kualitas premium kisaran Rp 10.700 hingga Rp 11.000 per kg, sedangkan beras medium berkisar Rp 9.300 hingga RP 9.500 per kg, dan paling murah Rp 8.000 hingga Rp 8.700 per kg.

Comments

Popular posts from this blog

Kini Pedagang Tahu Bulat Pilih Berjualan Telur Gulung

Sudah Tidak Ada Turis di Tiga Gili, Evakuasi Wisatawan Telah Selesai

Ini Harga Tiket Masuk di Museum Angkut di Solo