Turis Masih Padati Bandara Lombok Usai Gempa

Turis Masih Padati Bandara Lombok Usai Gempa
Turis Masih Padati Bandara Lombok Usai Gempa. Usai musibah gempa yang melanda Lombok Nusa Tenggara Barat pada Minggu malam kemarin, sejumlah wisatawan mancanegara masih tertahan dan mencari penerbangan ke Jakarta, Bali dan Surabaya di Bandara Lombok International Airport (LIA).
“Kami sedang upayakan dan izin otoritas bandara agar malam ini dapat disajikan hiburan, karena banyak wisman yang tidur-tiduran di bandara Lombok. Minimal mereka bisa terhibur,” ujar Ketua Tim Crisis Center (TCC) Kemenpar, Guntur Sakti.
Di sisi lain, Ketua Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) NTB Lalu Abdul Hadi Faishal menjelaskan, selain menyiapkan tenda, PHRI juga menyediakan makanan, selimut, peralatan mandi dan kebutuhan lainnya.
“Untuk saat ini yang menetap belum bisa dipindah ke hotel, sebab kerusakan hotel dan restoran cukup banyak,” kata Hadi.
Dari sisi usaha restoran, juga telah menyiapkan dapur umum untuk melayani wisatawan dan masyarakat terdampak gempa.
“Pengusaha restoran juga sudah gerak membuat dapur-dapur umum. Semuanya berlokasi dekat tenda-tenda yang disediakan,” ujarnya.
Sementara itu, Menlu Retno Marsudi juga menyampaikan hingga pukul 11.00 WIB pihaknya mendapatkan laporan, tidak ada korban Warga Negara Asing di bencana gempa Lombok. “Kami sudah cek ke BNPB dan kondisinya Alhamdulillah aman,” kata dia.
Kemenlu juga membuat Hotline khusus Lombok, Foreign Visitor Help Desk for Lombok Earthquake, sebagai call center untuk orang asing yang sedang berada di Lombok dengan nomor +62-87864124151.
Menlu Retno juga menyampaikan bahwa pihaknya juga sudah meminta Imigrasi untuk memberi kemudahan layanan bagi wisatawan dan warga negara asing yang kehilangan paspor. Saat proses pemindahan wisman, tentu sangat mungkin terjadi kepanikan dan kehilangan dokumen penting itu.

Comments

Popular posts from this blog

Kini Pedagang Tahu Bulat Pilih Berjualan Telur Gulung

Sudah Tidak Ada Turis di Tiga Gili, Evakuasi Wisatawan Telah Selesai

Ini Harga Tiket Masuk di Museum Angkut di Solo